Mozaik Nusantara P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMAN 88 Jakarta adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia melalui berbagai aktivitas yang melibatkan siswa dalam mempelajari dan mengapresiasi warisan budaya daerah-daerah di Indonesia. Kegiatan ini menjadi bagian dari implementasi kurikulum merdeka, yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam penguatan karakter siswa serta pengembangan pengetahuan tentang budaya bangsa.
Tujuan Mozaik Nusantara P5
- Menguatkan Profil Pelajar Pancasila: Meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti gotong royong, kebhinnekaan, dan cinta tanah air.
- Mengenalkan Keanekaragaman Budaya: Menyadarkan siswa tentang kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah.
- Pengembangan Kreativitas dan Keterampilan: Mendorong siswa untuk berkreasi dan mengekspresikan budaya lokal melalui seni, teknologi, dan berbagai media.
- Meningkatkan Rasa Nasionalisme: Membangun rasa cinta terhadap tanah air dan menghargai warisan budaya bangsa.
Rangkaian Kegiatan Mozaik Nusantara P5
-
Penelitian dan Eksplorasi Budaya Daerah
- Siswa dibagi dalam kelompok untuk meneliti budaya dari berbagai daerah di Indonesia, seperti tarian, musik, pakaian adat, bahasa daerah, dan kuliner khas.
- Mencari informasi dari berbagai sumber, baik melalui internet, buku, maupun wawancara dengan para ahli budaya atau tokoh masyarakat.
-
Pembuatan Miniatur Budaya
- Membuat miniatur rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia sebagai bentuk pembelajaran praktis tentang kekayaan arsitektur lokal.
- Menggunakan bahan-bahan sederhana atau daur ulang untuk membuat miniatur yang representatif.
-
Lomba Seni dan Budaya
- Penampilan tarian tradisional, musik daerah, atau pertunjukan teater yang menggambarkan cerita rakyat dari berbagai suku bangsa di Indonesia.
- Pembuatan kostum atau pakaian adat dari berbagai daerah sebagai bagian dari presentasi budaya.
-
Pameran Budaya Nusantara
- Menampilkan hasil karya siswa, seperti miniatur rumah adat, karya seni, pakaian adat, dan produk budaya lainnya dalam sebuah pameran yang terbuka untuk warga sekolah dan orang tua.
- Setiap kelompok akan mendemonstrasikan hasil penelitiannya tentang budaya daerah yang mereka pilih, seperti tarian, musik, atau kuliner.
-
Diskusi dan Presentasi
- Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil penelitiannya, menjelaskan nilai-nilai budaya yang mereka pelajari dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila.
- Mengadakan diskusi untuk membahas pentingnya menjaga keberagaman dan kebudayaan Indonesia.
-
Workshop Budaya
- Mengundang ahli atau praktisi budaya untuk mengadakan workshop tentang seni tradisional, kerajinan tangan, atau kuliner khas Indonesia.
- Siswa dapat belajar langsung dari narasumber tentang cara membuat batik, seni ukir, atau memasak masakan tradisional.
Pelaksanaan dan Jadwal
- Waktu:
Proyek ini dapat dilaksanakan dalam rentang waktu beberapa minggu, dengan kegiatan penelitian dan pembuatan karya yang dilakukan secara bertahap. Puncaknya adalah pameran dan presentasi hasil karya siswa.
- Lokasi:
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas, aula sekolah, dan ruang terbuka untuk pameran. Workshop bisa diadakan di luar sekolah dengan mengundang narasumber.
- Peserta:
Siswa-siswa di SMAN 88 Jakarta, khususnya yang terlibat dalam proyek P5 ini.
Manfaat Proyek Mozaik Nusantara P5
- Penguatan Karakter Pelajar Pancasila: Membantu siswa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti gotong royong, toleransi, dan kebhinnekaan.
- Peningkatan Pemahaman Budaya: Memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kekayaan budaya Indonesia dan pentingnya melestarikan warisan budaya tersebut.
- Kreativitas dan Keterampilan: Siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam berbagai bidang seni, seperti tari, musik, dan seni rupa.
- Rasa Cinta Tanah Air: Menumbuhkan rasa bangga terhadap keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.